Chef Dari Kota Gadis, Yohanes Chandra Eka Jaya

Anda semua pasti pernah mendengar nama restoran “Got it”. Ya benar, restoran itu terkenal dengan masakannya yang enak dan menggugah selera. Tak hanya makanan, tetapi minuman-minumannya pun sering dinanti oleh banyak khalayak. Keberhasilan restoran Got It tak bisa dilepaskan dari tangan besi Chef yang berasal dari Madiun, yaitu Yohanes Chandra Eka Jaya.

Yohanes Chandra Eka Jaya adalah seorang Chef yang sudah sangat terkenal. Namanya justru sering menghiasi majalah-majalah kuliner di luar negeri. Menu yang menjadi master piece adalah olahan khas Madiun, yaitu pecel, tetapi dikombinasikan dengan eksperimen-eksperimen khas Eka Jaya, maka jadilah sebuah resep andalan yang disebutnya, Pecel Funky.

Nama resep yang sangat popular.  Rasanya pun sangat liar. Rasa pedas, manis, asam, asin, bercampur menjadi satu, tetapi ditutup dengan rasa gurih, sehingga pecel funky menjadi sangat renyah dan nikmat. Yohanes Chandra Eka Jaya memang tidak sembarangan dalam mengkreasikan menu-menunya.

chef-dari-kota-gadis-yohanes-chandra-eka-jaya

yohanes-chandra-ekajaya-kuliner

yohanes-my-chandra-ekajaya

Bagi Yohanes Chandra Eka Jaya, pecel adalah salah satu masakan asli Nuswantara yang bisa diterima oleh segala macam lidah orang di dunia. Pecel sangat identik dengan pincuk, atau pun daun pisang. Oleh karenanya, Eka Jaya ingin sekali membuat sebuah pecel yang tidak identik dengan pincuk atau pun daun pisang, tetapi rasanya tetap enak, dan bahkan lebih nikmat.

Resep pecel funky sendiri tercipta dari pengalaman-pengalaman yang pernah ditempuh ole Yohanes Chandra Eka Jaya dalam karir kulinernya. Eka Jaya tidak serta merta langsung menjadi seorang chef yang melegenda. Ia pun juga merintis karirnya dari nol.

Berawal dari kecintaannya terhadap kuliner, Yohanes Chandra Eka Jaya sewaktu kecil sudah membantu tetangganya yang membuka bisnis catering. Eka Jaya berasal dari keluarga yang tidak mampu. Ibunya sering mengajarinya memasak, sehingga saat kecil pun Eka Jaya bisa diterima di catering.

Bakat untuk menjadi chef sudah terlihat sejak kecil. Saat bekerja di catering, Yohanes Chandra Eka Jaya mendapatkan kesempatan yang diberikan oleh tetangganya untuk bereksperimen dan mengeksplorasi resep-resep masakan Nuswantara, sehingga memunculkan suatu hibrida yang baru dalam konteks masakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s