Yohanes Chandra Ekajaya Raup Untung Puluhan Juta Rupiah Dari Beternak Jalak Suren

jalak suren hasil ternakan J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

kandang ternak yohanes chandra ekajaya

Jalak suren salah satu burung yang mulai langka dipasaran dikarnakan tingkat perburuan yang tinggi. Yohanes Chandra Ekajaya adalah salah satu pemuda yang cukup prihatin mensikapi kelangkaan jalak suren dipasaran. Sebagai seorang wirausawan muda yang pandai mengambil peluang dirinya mencoba memulai beternak jalak suren pada tahun 2010 dan mendapatkan untung puluhan juta rupiah dengan modal awal yang sangat minim.

Beternak jalak suren secara garis besar hampir sama dengan cara beternak burung kenari maupun perkutut. Yohanes Chandra Ekajaya menuturkan tidak terlalu sulit hanya dibutuhkan lingkungan yang nyaman, kandang yang ideal dan tentunya cukupnya kebutuhan pakan dan nutrisi bagi jalak suren dapat terpenuhi dengan baik.

jalak suren hasil ternakan J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

Berikut ini cara beternak jalak suren  agar berhasil :

  1. Memilih indukan adalah langkah awal penentu keberhasilan beternak jalak suren, faktor terpenting dalam memilih indukan yang bagus berusia kurang lebih 2 tahun dan usahakan jalak suren sudah jinak agar proses reproduksi berjalan lancar.
  2. Pembuatan kandang adalah langkah selanjutnya setelah kita memilih indukan, walaupun tidak ada ukuran yang baku untuk ukuran kandang  alangkah baiknya jika kandang untuk proses reproduksi berukuran 2 x 2.5 x 1 m persegi agar jalak suren dapat leluasa bergerak seperti dihabitat aslinya.
  3. Setelah kandang dan indukan kita sediakan langkah selanjutnya menjodohkan calon indukan jalak suren jantan dan jalak suren betina, dalam tahap ini pemilihan indukan di langkah awal menjadi faktor penentu cepat lambatnya proses perjodohan jalak suren.
  4. Langkah selanjutnya memasuki perawatan indukan dan pemberian kebutuhan pakan serta nutrisi yang tercukupi untuk indukan jalak suren. Asupan nutrisi dan pakan yang baik dapat mempercepat proses reproduksi ( berikan ekstra food sesuai kebutuhan induk jalak suren).
  5. Langkah terakhir setelah melewati semua proses adalah merawat anakan jalak suren, pada proses ini biasanya indukan akan merawat anak jalak suren dari umur 1 minggu samapi dengan 1 bulan namun apabila anda menginginkan proses reproduksi yang cepat, anak jalak uren dapat kita panen pada umur 1 minggu dan kita rawat sendiri dengan cara diloloh.

Demikian informasi tentang beternak jalak suren  Yohanes Chandra Ekajaya yang dapat berikan semoga bermanfaat menjadi salah satu refrensi usaha bagi yang sendang mencari peluang usaha yang lumanayan menguntungkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s