Bisnis Pepaya California Menguntungkan

Pepaya merupakan salah satu tumbuhan yang sudah tidak asing di Indonesia. Masyarakat Indonesia sering mgnkonsumsi buah yang satu ini. Pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki kadar potasium dan vitamin C cukup tinggi. Dari berbagai jenis pepaya ada satu jenis pepaya yang memiliki kandungan potassium, vitamin c yang tinggi serta memiliki nilai ekonomis yang lebih daripada pepaya jenis lainya.

Bisnis Pepaya California Menguntungkan

Chandra Ekajaya, pria kelahiran Malang Jawa Timur ini merupakan salah satu petani yang menikmati kuntungan dari bertanam pepaya California. Dirinya menuutukan semenjak bertanam pepaya california mengakudalam sehari bisa memanen hingga dua ton pada lahan kebunnya seluas 20 hektare. Permintaan pasar akan buah pepaya California bisa dibilang sangat tinggi dan melebihi ekspektasi. Terkadang dirinya tidak mampu memenuhi pasokan buah pepaya hanya jika mengandalkan kebun miliknya. Kemudian dirinya harus bekerjasama dengen beberapa petani dan UMKM yang memiliki kebun dan produksi buah pepaya California untuk memenuhi pasokan pasar.

Pengusaha sukses ini dalam memasarkan produk pepaya California milknya saat ini sudah menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Pasar terbesar untuk permintaan pepaya ini adalah kawasan Jakarta, dalam satu hari bisa mencapai 2 ton untuk daerah Jakarta saja. Untuk daerah lain masih relative standar berkisar antara 500 Kg – 1 ton.

Bisnis Pepaya California Menguntungkan

Chandra Ekajaya menuturkan, pepaya California yang dijual memliki kualitas baik dan itu dijamin oleh dirinya . Karena itu, produk pepaya California dari kebunya banyak dipercaya supermarket dan dijual belikan di seluruh supermarket di Indonesia. Namun saat ini ada hal yang mengkhawatirkan, banyak beredar pepaya yang kualitasnya jelek, padahal tampilannya bagus. Hal ini bisa menyebabkan kepercayaan konsumen untuk mengkonsumsi buah pepaya California menurun dan berimbas kepada para petani pepaya. Namun hal ini harus segera di lakukan penyuluhan dan antisipasi dari berbagai pihak yang ikut terkati.

Saat ini pengusaha Chandra Ekajaya mengaku bisa menghasilkan keuntungan dan pendapatan dari bisnis pepaya California milknya berkisar antara Rp 50 – Rp 150 juta setiap bulanya dari 20 hektar luas kebunya. Terlebih ketika permintaan sedang tinggi, keuntungan bisa naik berkali-kali lipat bahkan bisa mencapai Rp 300 juta perbulan, angka yang bisa dibilang fantastis untuk ukuran sebagai petani.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s