Pasarkan Pepaya California Hingga Mancanegara

Pepaya California  memiliki nama latin (Carica Papaya L) merupakan tanaman yang berasal dari Meksico bagian selatan dan Nikaragua. Kemudian tanaman papaya meluas dan dibudidayakan di Negara-negara tropis termasuklah Indonesia. Kini pepaya California menjadi salah satu komoditi dagang di Indonesia dan salah satunya yang memanfaatkannya sebagai komoditi dagang adalah Chandra Ekajaya.

Pasarkan Pepaya California Hingga Mancanegara

Perkembangan bisnis pepaya California memang bisa dikatakan sangat pesat di Indonesia. Bahkan pepaya California mengalahkan pepaya lokal yang sudah lebih dahulu hadir dipasaran. Keunggulan dari buah pepaya ini yang menyebabkan saat ini petani buah pepaya lokal mulai beralih berkebun pepaya California. Pepaya California ini memiliki sifat dan keunggulan tersendiri yaitu buahnya tidak terlalu besar dengan bobot 0,8 – 1,5 kg/buah, berkulit hijau tebal dan mulus, berbentuk lonjong, buah matang berwarna kuning, rasanya manis, daging buah kenyal dan tebal.

Usaha yang dirintis Chandra Ekajaya bisa digolongkan berhasil dan sukses sampai saat ini. Untuk jangkauang pemasaran saat ini sudah menembus pasaran lokal dengan menggandeng supermarket sebagai salah satu media pemasaran. Pemasaran menggunakan supermarket dirasa sangat menguntungkan dan memiliki nilai ekonomis lebih.

Pasarkan Pepaya California Hingga Mancanegara

Bukan hanya dipasarkan di dalam negeri saja, pepaya California milik Chandra Ekajaya bahkan sudah menembus pasar global. Walaupun baru mencangkup beberapa kawasan seperti Eropa dan kawasan Asia, namun pencapaian ini bisa menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan mengembangkan produk buah dari petani Indonesia bersaing di pasar global. Buah pepaya California dari Indonesia mengapa bisa mendapatkan pasar di pasar global menurut Chandra Ekajaya karena salah satu faktor penyebabnya adalah kualitas dari buah tersebut. Iklim di Indonesia dirasa sangat cocok menghasilkan kualitas pepaya californias terbaik, dan inilah yang dicari oleh para konsumen global untuk membeli buah tersebut.

Bahkan harga jual bisa melambung tinggi di pasar global daripada di pasar dalam negeri untuk bvareiras buah pepaya California. Oleh karena itulah Chandra Ekajaya dalam beberapa tahun kedepan akan melebarkan kembali daerah pemasaran di kawasan Amerika dan Afrika. Kawasan tersebut sebenarnya memiliki pesaing cukup sulit, karena daerah Amerika dan Afrika mendapat pasokan dari negara asal buah pepaya California yaitu meksiko.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s