Cegah Pemanasan Global

Atasi Efek Rumah Kaca

Di tahun 2017 ini, permasalahan pemanasan global atau global warming kembali mendapatkan perhatian yang serius. Karena saat ini sudah sangat terlihat dampak-dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global, terutama pada iklim dan cuaca. Bahkan di beberapa wilayah bumi sudah semakin terlihat. Misalnya saja di kutub utara, yang setiap tahunnya gunuhg-gunung es terus mencair.

Efek atau dampak dari fenomena mencairnya gunung es adalah permukaan air laut yang terus naik dan meningkat, sehingga banyak pulau-pulau kecil dan dataran rendah yang tenggelam dan tergenang oleh air laut. Selain itu di bidang pertanian, pemanasan global juga memberi dampak negatif, yaitu kekeringan.

Bahkan para peneliti menyebutkan bahwa suhu rata-rata planet bumi telah mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 0,74 derajat celcius selama seratus tahun terakhir. Hipotesis penelitian mereka menyebutkan bahwa peningkatan suhu rata-rata global diakibatkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca, seperti karbon dioksida, karbon monoksida, serta gas lainnya yang berasal dari aktivitas manusia.

Pemanasan Global

Berdirinya pabrik yang menghasilkan limbah yang berwujud polusi udara, kemudian kendaraan-kendaraan yang juga banyak menghasilkan limbah gas, membuat peningkatan suhu rata-rata bumi semakin cepat. Seharusnya manusia mampu hidup berdampingan dengan alam. Karena alam semesta tidak diciptakan untuk manusia saja, melainkan untuk keberlangsungan jagat raya. Maka bila alam mengalami kerusakan, maka manusia sebenarnya melukai dirinya sendiri.

Para pengusaha yang peduli dengan alam pun tidak tinggal diam. Mereka bekerja sama dengan aktivis lingkungan dan masyarakat untuk memperbaiki kembali kondisi alam supaya anak cucu mereka dapat merasakan nikmatnya alam Indonesia yang indah, subur, permai, dan makmur sentosa. Pengusaha Hary Tanoesoedibjo adalah salah satu pengusaha yang turut serta dalam kampanye go green.

Para pengusaha dan khususnya Hary Tanoesoedibjo sendiri mempunyai pandangan bahwa penanaman pohon adalah salah satu jalan yang sangat bagus. Karena pohon adalah manifestasi kehidupan, dimana akar, daun, batang, bahkan buahnya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain itu pepohonan juga menghasilkan gas oksigen yang sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s