Dari Kolam Inilah Kisah Sukses Chandra Ekajaya Berbisnis Ikan Nila Sultana

Salah satu komoditi bidang perikanan adalah Ikan Nila yang saat ini tengah booming sebagai komoditas unggulan. Dari ikan nila ini bisa mendatangkan celah usaha yang mulai banyak diminati dan menguntungkan jika dilihat dari sektor bisnis. Saat ini saja bisa dibilang mulai banyak orang yang mulai membudidayakan ikan nila salah satunya jenis ikan nila sultana dikarenakan ikan nila ini memiliki harga jual tinggi dibanding jenis ikan konsumsi lain. Chandra Ekajaya merupakan salah satu pembudidaya ikan Nila Sultana yang mampu mendulang omset hingga Rp 15 juta rupiah setiap bulanya.

Dari Kolam Inilah Kisah Sukses Chandra Ekajaya Berbisnis Ikan Nila Sultana

Ikan nila jenis sultana merupakan salah satu Ikan konsumsi air tawar dikalang masyarakat danbisa dibilang masuk dalam kategori ikan nila unggulan. Ikan jenis sultana diyakini memilik Daging yang gurih dan kenyal menjadi salah satu kelebihan ditambah kandungan protein yang terkandung dalam ikan Nila juga tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Banyak pelaku bisnis perikanan mulai ramai-ramai membudidaya ikan nila. Salah satunya adalah Chandra Ekajaya. Pria yang satu ini sebenarnya bisa dibiolang tidak memiliki basic sama sekali tentang perikanan, dirinya hanya membaca buku dan belajar secara langsung dilapangan kepada para peternak lainya yang sudah dahulu membudidayakan bisnis perikanan ini. Namun dirinya menganggap dari situlah dirinya bisa tahu secara langsung bagaimana kondisi yang sebenarnya dan bagaimana permasalahan yang muncul dilapangan.

Dari Kolam Inilah Kisah Sukses Chandra Ekajaya Berbisnis Ikan Nila Sultana

Pada awalnya untuk memasarkan bisnisnya ini Chandra Ekajaya sangat mudah memasarkan hasil budidaya ikan nila karena sudah memiliki kenalan pengepul ikan dan beberapa pengusaha perikanan untuk mengepul ikan dari peternak ikan. Selain itu dirinya juga memasarkan melalui penyebaran brosur agar para konsumen bisa mengetahuinya. Dalam penjualanya dirinya tidak menerapkan pembelian minimum kepada konsumen ketika datang di kolam nilanya, ketika konsumen membeli dalam jumlah berapapun dirinya akan penuhi.

Saat ini Chandra Ekajaya dengan kapasitas penjualan bisa mencapai 4 kuintal nila per bulan, omset yang diraup driinya  bisa mencapai Rp 10.000.000 dengan keuntungan bersih berkisar Rp8.500.000. Untuk saat ini dalam membudidaya ikan nila miliknya memiliki kolam seluas 7 hektar termasuk kolam pembesaran dan pembibitan dibantu beberapa karyawan yang sudah memiliki peranan masing-masing dalam proses pembudidayaan ikan tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s